TAHAP BELAJAR NYABLON

Ada satu hal yang perlu di perhatikan sebelum nya, bahw acara menyablon itu pada umumnya sama, hanya yang mebedakan nya adalah alat pendukung.

contohnya adalah meja sablo0n, ada yang menggunakan triplek dan ada juga yang mengunakan kaca agar posisi kaos dapat terlihat jelas.

swmuanya itu tergantung kebutuhan dan kenyamanan masing2 dalam menyablon.

perlengkapan yang perlu disiapkan adalah:
1. desain yang sudah di print di kertas kalkir agar hasilnya maksimal.
2. screen.
3. ulano atau obat afdruk lainnya, bahan kimia yang dioleskan pada screen pada ruangan khusus.
4. tinta sablon.
5. rakel, alat untuk menggesut tinta pada scren.
6. meja afdruk yang atasnya mengunakan kaca untuk menyinari screen yang sudah di afdruk.
7. kain hitam dan busa untuk melapisi screen pada proses afdruk.
8. kaporit bubuk untuk melebur ulano dari screen setelah selesai menyablon.
9. sprayer, untuk menyemprot area sablon setelah penyinaran.
10. hardter, larutan kimia untuk penguat larutan ulano setelah di jemur.

untuk proses sablon di mulai dengan menyiapkan desain yang di print pada kertas kalkir, kemudian kertas kalkir tersebut di di tempelkan pada meja sablon, setelah itu taruk screen di atas kertas kalkir, tujuannya untuk membuat cros pada screen sesuai pada cros yang ada di desain, agar posisi gambar antara warna satu dengan warna yang lain.

jika sudah oleskan ulano pada screen dan keringkan pada ruangan khusus, karena larutan ulano sangat sensitif terhadap cahanya, untuk penerangannya dapat menggunakan lampu pijar merah.

setelah kering tempelkan desain ke screen sesuai dengan tanda cros pada screen dan kalkir, lalu disinari dengan lampu selama 20 menit dengan 3 buah lampu tl dan jarak 20cm ( dengan lampu dan jarak yang berbeda waktu penyinaran pun berbeda )

setelah itu siram screen dengan air, lalu di seprot area desain dengan sprayer hingga benar2 bersih dan terlihat area disainnya. lalu dijemur hingga kering. setelah kering dioleskan hardter agar kualitas screen semakin kuat, kemudian di jemur lagi.

setelah itu lapisi bagian sisi screen dengan lakban agar tinta tidak tembus pada bagian sisi screen saat menyablon.

setelah semuanya selesai, kini saatnya menyablon, maksimal penyablonan tiga kali menggesut dalam waktu berbeda, artinya jika ada sepuluh kaos yang harus di sablon maka lakukan satu kali penyablonan pada kesepuluh kaos tersebut sebagai dasar, dan lakukan seperti itu hingga 3 kali atw sampai tinta menutupi seluruh desai dengan sempurna. tapi hal yang harus di perhatikan lakikan penyablonan ke dua dan selanjutnya setelah penyablonan pertama atw sebelumnya kering.

setelah menyablon dan di keringkan pengepresan area sablon dengan mesi pres adalah tahapan terakhir agar tinta rata dan tahan lama.

screen yang sudah di pakai dapat di lebur dengan kaporit, dengan cara dioleskan dengan rata ke semua bagian ulano yang akan di lebur, diamkan sepuluh menit dan bilas dan bersihkan dengan sabun colek.

selesai deh....

selamat mencoba.......

0 komentar:

Posting Komentar