CARA AFDRUK FILM SABLON

CARA AFDRUK FILM SABLON DENGAN MEJA LAMPU

Dalam proses pengafdrukan film sablon,diketahui ada dua cara.yaitu,penyinaran dengan bantuan sinar matahari dan sinar lampu.
Proses peng afdruakn film sablon dengan sinar matahari memang selain mempunyai kelebihan,juga mempunyai kelemahan.yaitu keterbatasan waktu dan tentunya cuaca.jika sedang dalam keadaan cuaca mendung atau musim hujan,tentunya akan memiliki kesulitan dalam proses peng afdrukan film sablon.

Dengan cara yang kedua yaitu,dengan menggunakan penyinaran dari lampu.baik lampu neon ataupun bola lampu tidak terbatasi oleh kendala cuaca.jadi hal cara ini mungkin akan lebih efektif.misalnya jika kita harus melakukan peng afdrukan pada malam hari.
Walaupun ada sedikit kelemahan juga,kinerja akan terganggu jika ada pemadaman listrik.

Dari kedua cara tersebut di atas,kurang lebih mempunyai banyak kesamaan cara peng afdrukan,sedikit hanya pada waktu penghitungan pada saat penyinaran saja.
Dalam hal pembuatan alat Bantu dalam proses afdruk dengan meja lampu,berikut saya mencoba memberikan gambarannya.

Sebelumnya anda buat meja atau bisa juga menggunakan meja yang sudah adapun tidak apa-apa.asalkan alas meja di lapisi kaca bening tebal,kira-kira 5mm.agar penyinaran lampu dapat sempurna.
Tinggi meja tidak terlalu dibatasi,sesuikan dengan yang anda inginkan atau jika menggunakan meja yang sudah ada.misalnya,meja tamu,tinggal diganti dengan kaca yang bening karena meja tamu biasanya berwarna agak gelap.
Setelah itu simpan lampu di bawahnya(menghadap ke atas). Jika menggunakan bola lampu pijar,pasang lampu pijar tersebut sebanyak empat buah dengan watt yang besar.kedua dengan lampu neon,simpan lampu neon dua buah,masing-masing 40 watt.
Jarak antara lampu dengan kaca bagian bawah kurang lebih sekitar 60 s/d 30 cm.

Pada saat proses peng afdrukakan sama dengan penyinaran sinar matahari,hanya saja posisi screen menghadap kebawah kearah sinar lampu tadi.
Mudah-mudahan dapat cukup di mengerti ya?! juga dapat membantu anda yang baru memulai menekuni sablon.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

proses penyinaran dengan lampu neon 40 watt dengan jarak 30 cm itu memakan waktu 60 detik, kalau jarak lampunya 15 cm makan waktu berapa menit agar hasil afdruknya sempurna ?

mohon jawabannya yah bang !

Posting Komentar