MEMBUAT JAM DINDING



Alangkah baiknya mengikuti dahulu tutorial step by step, kalo sudah di pahami silahkan bereksperimen sendiri, dengan ukuran dan teknik yang disukai. Semoga bermanfaat.
1.Buat new file dengan ukuran 400×400 px, transparent.
2.Pilih Eliptical Marquee Tool, set style menjadi fixed size dan buat lingkaran dengan besar 300×300 px.



3.Fill lingkaran tersebut dengan warna #A34A4A.



4.Setelah itu pilih Select>Transform selection dan kecilkan lingkarannya menjadi 72%. Tekan tombol Delete, kemudian Ctrl + D.



5.Kemudian pilih Layer>Layer style>Blending options, dan isi setingan sebagai berikut: Bevel and emboss, Inner Glow, dan Gradient overlay (klik pada tulisan untuk setingan)
6.Bikin layer baru, Layer>New>Layer. Kemudian pilih Eliptical marquee tool, set style menjadi fixed size dan buat lingkaran dengan besar 235×235 px.


7.Fill lingkaran tersebut dengan warna #A34A4A.


8.Pilih Brush tool, gunakan soft brush dengan ukuran 100px dan gambarlah seperti dibawah ini.



9.Kemudian pilih Select>Transform selection dan kecilkan lingkaran menjadi 85%. Tekan tombol delete.



10.Pilih Select>Transform selection dan besarkan lingkaran menjadi 115%. Bikin layer baru, Layer>New>Layer. Kemudian pilih Edit>stroke dan lakukan seperti dibawah ini.



Kemudian tekan Ctrl + D.
11.Pilih Filter>Blur>Gaussian blur dan isi radiusnya 1.5 dan tekan ok.



12.Buat layer baru, pilih Eliptical Marquee tool, set style menjadi fixed size dan buat lingkaran dengan besar 212×212 px.

Dan isi lingkaran tersebut dengan warna putih (boleh warna lain terserah anda). Tekan Ctrl + D.



13.Buat layer baru, Pilih Line tool (atau tekan U) dan buatlah garis hitam dengan ukuran 2px seperti dibawah ini.



14.Buatlah lingkaran sedikit lebih kecil dari lingkaran putih ditengah kemudian pilih Select>Inverse dan tekan tombol delete.



Buatlah lingkaran untuk menghapus bagian tengah garis2 hitam seperti dibawah ini.



15.Setelah itu isilah angka 3, 6, 9, dan 12 dan hapuslah garis2 hitam pada posisi keempat angka tersebut.



16.Buat layer baru, buatlah lingkaran kecil ditengah, kemudian pilih gradient tool, dengan warna foreground #A34A4 dan warna background putih. Kemudian set menjadi Radial gradient, check reverse dan mulailah membuat gradient dari tengah lingkaran sampe ujung lingkaran seperti dibawah ini.


17.Buatlah jarum jam sesuai keinginan anda, atau seperti bentuk jarum jam dibawah ini, dan setiap jarum jam pada layer tersendiri, berarti ada 3 layer baru untuk 3 jarum jam.

Posisikan pada waktu yang anda inginkan, dengan layer jarum pendek (jam) paling bawah kemudian layer jarum panjang (menit) diatasnya dan layer jarum detik diatas kedua2nya. Dan layer titik tengah berada di atas ke-3 layer tersebut. Pada ketiga jarum tersebut gunakanlah Layer>Layer style>Blending options dan pilih bevel dan emboss dan klik ok.



NB:Untuk menempatkan posisi bayangan jarum jam, pakelah drop shadow pada Layer>Layer style>Blending options, dan ingat semakin jarum dibawah maka posisi bayangannya semakin menempel dan semakin jauh jarumnya maka posisi bayangan jarum semakin jauh juga.
18.Buat layer baru, bikin lingkaran sebesar lingkaran putih sebelumnya, pilih Gradient tool dan set foreground hitam dan background putih, kemudian pilih radial gradient dengan reverse check dan tariklah gradientnya dari tengah lingkaran ke ujung lingkaran.



19.Pilih Layer>Layer style>Blending options, dan isi setingan sebagai berikut: Inner Glow dan
Stroke
(klik pada tulisan untuk setingan)
Kemudian turunkan opacity pada layer tersebut menjadi 20%.



20.Dan ini adalah hasilnya.

Enjoy…
Catatan: Apabila ingin merubah warna silahkan gunakan Image>Adjustment>Hue/saturation dan silahkan mengganti warna.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih share nya, bermanfaat sekali. salam kunjungan

Posting Komentar