CARA CETAK PHOTO PRINTER SETARA HASIL FUJI LAB

Duh.. nekat banget sih ini judul!! dari mesin dan kertas yg digunakan saja sudah berbeda, mau cari-cari sensasi ya..??*_*’
Dorr..kali ini Yigidrip mau bagi2 jurus cetak poto lengkap dengan mantra2nya..hohohoo. Akhir-akhir ini banyak sekali konsumen Yigidrip yang mengeluh akan kualitas cetak foto printer, ‘yah..maklum mbak, harga cetaknya aja sudah murah meriah, masa masih nuntut kualitas sih. .’ sempat menyesal mendengar rekan seprofesi melontarkan alasan seperti itu kepada pelanggan. Memang kita bisa makan apa tanpa kepercayaan pelanggan? Itulah yang saya tekankan pada rekan saya agar dalam bekerja tidak hanya memprioritaskan keuntungan, pelanggan pun memiliki hak yang sama dengan penjualnya.
Sebenarnya mengatasi cara ini sudah terbilang lawas, tapi kebanyakan jasa cetak foto enggan mengaplikasinnya dikarenakan proses, dan proses. Pengalaman ini saya dapat ketika bekerja disalah satu Copy Center di Jakarta, pengkerjaan ini sering disebut ‘’press, atau laminating tipis, atau juga laminasi”. Jika sistem laminasi memang harus diterapkan, nyatanya masih menyisihkan keuntungan, dan harga jualnya pun masih dapat bersaing dengan mesin2 lab frontier Fuji Film. Selalu ada tapi, paling tidak meskipun printer belum dapat menyamai kualitasnya, printer sudah bisa meniru hasilnya.
hehehee….hidup printer J
Kelihatannya hasil cetakan printer selalu itu-itu saja, warna pudar dan terkena air pasti luntur. Tapi kalau menggunakan printer laser kok tidak menjumpai masalah seperti itu ya? Bolehlah laser anti luntur, tapi lebih halus dan mengkilap mana coba dengan hasil cetakan printer..?!! Yah, ini sekedar motivasi saja untuk teman-teman yang berkecemplung di belantika printerholic tanah air *huhuhuuu… Mereka yang memiliki mesin-mesin besar awalnya juga tidak memiliki apa-apa. Singkatnya, semua pencapaian yang tertinggi dimulai dari yang tangga paling bawah. Yakin saja suatu saat printer kita akan berubah menjadi frontier, atau GTO sekalipun. Asalkan dari sekarang kita tidak malas memperbaiki hasil cetakan, membelai pelanggan, dan paling penting adalah belajar yang disertai ibadah (musti rajin bedah informasi boss..). Ingat lho..ilmu dunia nggak ada apa-apanya tanpa pengetahuan agama..(lumayan bisa amar ma’ruf dikit2, hehehee..)
Let’s go on babe..>>

Pertama, siapkan belanjaan & perlengkapan tempur sbb:

Tutorial
  • Tinta Literan (harus ya..? nanti saya jelaskan)
  • Laminasi roll 150m (yang meteran boleh..? nanti dijelasin kok)
  • Photopaper 230gr (hati2 byk yang tertipu dgn ketebalannya)
  • Printer infuse (Epson lebih baik)
  • Mesin Laminating (cina nggak masalah, saya punya masih awet sampai 4thn)
Step 1
Cantik
 
Seperti biasa..di edit dulu  semaksimal mungkin hingga warnanya tajam. Perlu diingat, hasil cetakan printer infus cenderung magenta (kemerah-merahan), jadi perlu diturunkan kualitas warna merah(Red) pada project poto yang sedang digarap..biasanya saya menggunakan trik seperti ini :

tutorial
 
Pilih menu pada bagian atas photoshop (terdiri dari file,edit,image,layer, dst), klik image-Adjusment-Hue/Saturation (diatur deh sesuai hati, jangan takut mencoba)

Tips n Trik Cetak Foto
 
Setelah terlihat warna yang tajam, lalu dipertajam lagi dengan men-soft light layer :
Klik Layer-Duplicate Layer-lalu ubah pada kolom layer yang semula ‘normal’ pilih soft light-jangan lupa atur juga opacity disebelah kanannya)
Gabungkan menjadi satu dari 2 layer pada kolom layer :
Klik Layer-flatten image
Kemudian untuk merunkan kualitas magenta, Klik Image-Adjusment-Curve. Pada bagian atas telihat pilihan RGB, pilih Red, turunkan garis miring kebawah dengan mengklik garis tsb kearah bawah (kalo belum sesuai yang diinginkan, acak2 saja satu per satu Curve Red,Green,Blue sesuka hati,,jangan takut mencoba)

tips n trik desain grafis

Step 2
Print foto nggak usah lebay dengan resolusi ‘Best Foto’ kasihan head printernya cepat haus. Pilih resolusi ‘Photo’ ajah..
Kali ini saya menggunakan tinta berukuran 1ltr seharga 120rb, kualitas warna dirasa cukup tanpa ada dot2 noise atau bercak pada kertas. Jika dibandingkan tinta 100ml yang dijual dimana-mana, dari segi harga sudah selisih banyak. Rata2 harga eceran tinta 100ml dijual kisaran 20-35rb (dahsyat bener deh pedagang).  Tapi prioritas saya untuk menghindari oplosan pada tinta, sebab tinta yang dijual berukuran 100ml seringnya dibumbui air (waw..cpt kaya tuh Bandar).
Untuk kertas saya langganan merk Merry Photopaper, ketebalan akurat sesuai kemasan(230gr), putihnya pas, anti slip pada saat penarikan kertas di printer.(mudah2an distributor ni kertas kut2an baca,hehehee..). Saya biasa beli di jogja seharga 22rb isi 20 lmbr, kalau di semarang lbh mahal lg kisaran 28-30rb, tapi mbak’nya yg jual bilang kalo mau murah pesen dari Jakarta aja..bisa dpt 18rb per pak, tp ada minimal ordernya..huftt T_T

Step 3
cara cetak foto berkuailitas 

Potong plastik laminasi sesuai ukuran kertas yang hendak dilaminasi, lalu masukkan kedalam mesin laminating. *banyak dijual ditoko2 perlengkapan alat tulis, khususnya toko sparepart fotocopy, tp sayang ga dijual per-mtr.. harganya kisaran 150rb, kalau dihitung per-A4 kira-kira 350perak per-lbr.. nggak mahal kan.
Setting dengan temperature sbb:
Hot/Heat – 1 45C

desain grafis
head press
 
Nah..sekarang fotonya ga takut lg deh dibawa kemana-mana, kan sudah anti air dan tahan panas. . mengkilap lagi.. :) 

digital printing

*maaf fotonya nge-blur n gelap, maklum ngambilnya kemaleman
Buat yang bersedia berbagi resep, monggo silahkan..>>

11 komentar:

sumbercara.co.cc mengatakan...

Informasi yang patut untuk di share gan... semoga sukses. Salam kenal ya...

Xpress Cell mengatakan...

ajiiiiib gan infonya, jad bertambah lagi deh ilmunya

Ayi Trusa mengatakan...

syukron ilmunya. ilmu manfaat, insyaallah.

Sandy Halim mengatakan...

Gan, thx infonya. Ane bru mau buka usaha cetak photo nih. Mau tanya. Harga jual ideal photo yang ukuran 4 r berapa ya gan ane mau pakai printer epson l800 tinta ori, supaya bisa beli beras dirumah (hehehe...) ? Thx sebelumnya

Sahroni nay mengatakan...

ajibbbbbbbbbb...ane cari2 artikle kya gini ga nemu2,,mkasih yua ijin copas,,posting lg dnk yg banyak tntang dunia prcetakan foto murah tapi ga murahan om,,!!heheh

afien jogja mengatakan...

belanja barang2 di jogja dimana gan?
tolong email alamatnya ya.. ke afien.jogja@gmail.com

Fie_arts mengatakan...

makasih info nya

...sukses buat agan

Edhie Wibowo mengatakan...

kalo dilaminasi kayaknya kok lam-kelamaan bakalan nggulung ('nglunthung') ya mas. Gimana cara ngatasi hal tsb? Makasih

Vella ibrahim mengatakan...

top markotop ..
kaliberasi warna monitor dan printer agar hasil hampir sama .. dan selalu gunakan mode warna cmyk .. karna berdasarkan warna printer dan monitor itu beda .. gak perlu pke epson , canon yg murah aja dah bgus kok klw pke laminasi .. tapi epson sllu yg terdepan selamat berinovasi dan bercreasi

Awi Green mengatakan...

ada ga laminasi yg stiker,,tinggal di tempel aja tanpaperlu pakai alat laminasi...kl ada,,dijual per roll atau seukuran kertas foto.makasih ya.,

keliekhp mengatakan...

Laminasi rol yang dof ada ga mas?

Poskan Komentar